Ikhlas

images

Kata  ikhlas sangat sering kita dengar dalam percakapan sehari-hari, dan kata ini demikian ringan diucapkan dan serasa tidak mempunyai tanggung jawab dari perkataan itu. Dari bahasa ikhlas berarti tulus tidak mengharapkan imbalan, dan ikhlas kalu dilihat dari pandangan agama Islam mengandung arti melakukan suatu peribadahan atau pekerjaan yang selalu didasarkan akan perintah Allah dan sunnahnya hanya mengharap ridlo darai Allah SWT. Dan kalaupun ada perintah dari Allah yang bertentangan dengan prinsip kita, suka atau tidak suka kita rela meninggalkan prinsip tersebut dengan atas nama Allah.

Advertisement

Memang sebuah fenomena dalam kehidupan sehari-hari kosa kata bahasa yang mengandung makna islam yang sering digunakan dalam percakapan tetapi mereka tidak mengetahui dan hanya kata-kata sebagai pemanis bibir saja dan kebanyakan di belakang di ungkit-apa yang telah mereka bantukan, bahkan kadangkala dengan mengejek atau membesar- besarkan di hadapan orang lain apa yang telah kita berikan.

Islam mengajarkan kita dalam berbai hal haruslah di jalankan secara ikhlas semata –mata karena perintah Allah dan hanya kepadanya lah kita gantungkan harapan dan tujuan ibadah kita.

Di dalam ber Ahidah kita harus ikhlas hanyalah meyakini hanya Allahlah Robb kita tak ada tuhan selain di kalau di dalam hati kita ada mengakui ada yang sama dengan dia harus kita hilangkan baik kita suka atau tidak suka dan kadang daidalam melaksanakanya kita melupakan apakah sesuaidengan adat istiadat di masyarakat yang ada, dalam melaksanakan perintahnya kadang kepala kita yang kita agungkan lebih rendah dari pantat kita bahkan kadang kadang sejajar dengan telapak kaki kita dan tak terasa kita ikhlas dalam melakukanya.

Kekuatan Ikhlas sangatlah besar karena bisa mengalahkan apa yang ada dan menjadi penghalang, seberapa berat beban dan tanggung jawab yang harus di tanggung akan terasa ringan. Para mujahid dan para pejuang islam dalam menegakan kalimah Allah, dan semangat ikhlas inilah yang harus di tanamkam di dalm diri umat is lam saat ini kalau menginginkan syurganya Allah.

Keikhlasan akan jadi kekuatan yang dasyat apa bila di padukan dengan pemuda. Pemuda yang melakukan amal ibadah dan berjuang dengan keikhlasan akan  sangat ber arti dan susah un tuk di cari tandinganya, karena masih dengan kekuatan yang masih bugar dengan kondisi fisik dan mental dan jalan yang masih panjang. Mak sangatlah di butuhkan mujahid –mujahid muda untuk mensyiarkan islam di bumi dan menegakan amar maruf nahi munkar dan di barengai dengan keimanan dan keikhlasan beribadah kepada Allah  tuhan semesta alam

Fastabihul Khoirat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *