Susu Basi

Suatu hari Raja Anusyirwan menderita sakit. Orang-orang kepercayaan dan tentaranya telah menjelajahi seluruh pelosok kerajaan.

Anusyirwan menyatakan kepada para pembantunya bahwa penyakit dirinya hanya akan sembuh oleh susu basi yang ada di suatu daerah yang hancur. Maka, seluruh bawahan Anusyirwan menyisir seluruh daerah di wilayah kerajaan untuk menemukan susu basi tersebut

Advertisement

Dalam beberapa hari seluruh daerah yang ada di wilayah kerajaan tersebut telah selesai disisir oleh para bawahan dan pembantunya sang Raja Anusyirwan.

Namun ternyata susu basi tersebut tidak bisa ditemukan dan begitu juga daerahnya yang hancur juga tidak berhasil ditemukan.

Akhirnya para bawahan Raja Anusyirwan pulang ke Istana untuk menyampaikan hasil penyisirannya. Mereka kemudian menyampaikan hasilnya kepada Baginda Raja bahwa Susu Basi dari daerah yang hancur tersebut tidak bisa ditemukan.

Ilustrasi Al-Ghazali
Ilustrasi Al-Ghazali

Mendengar informasi tersebut kemudian Raja Anusyirwan berkata

Sesungguhnya saya hanya ingin tahu tentang keadaan kerajaanku.

Saya ingin tahu apakah ada daerah yang hancur, kalau ada aku ingin membangunnya.

Sedangkan jika ada dan ditemukan Susu Basi akibat tidak terjual, saya akan segera memperbaiki keadaan pasar di daerah tersebut  agar proses jual beli disana kembali lancar. Sehingga tidak ada makanan atau barang-barang yang tidak terjual.

Dan kalau kalian tidak berhasil menemukan daerah tersebut, itu berarti kerajaanku makmur dan masyarakatnya tidak kelaparan.

Sebenarnya yang menjadikanku sakit karena diriku merasa was-was andaikan masih ada daerahku yang tidak makmur.

Cerita ini adalah saduran dari kisah2 yang kami ambil dari Menggapai Hidayah dan Hikmah dari buku-buku Al-Ghazali

One thought on “Susu Basi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.