Pendidikan Islam Sebagai Solusi Keumatan

Pendidikan Islam Sebagai Solusi Keumatan; Pelaksanaan pendidkan Islam yang mengacu pada kebenaran yang universal dan integral merupakan sebuah konsep yang memberikan arahan yang jelas dalam membangun kesadaran umat untuk selalu memaknai kehidupan ini secara tawazun (seimbang).

Pendidikan Islam Solusi Keumatan
Pendidikan Islam Solusi Keumatan

Dimana memaknai kehidupan ukhrowi dan duniawi secara imbang memberi kekuatan untuk senantiasa meraihnya dengan adil. Tauhid sebagai asas dan landasan pendidikan merupakan kerangka dalam membangun sikap penghambaan manusia dan mendorongnya untuk senantiasa mensikapi hidup ini sebagai amanah dan anugerah dari Alloh swt sehingga menggunakannya untuk memperbaiki diri, berbuat yang terbaik dan memberikan kebaikan bagi orang lain.

Advertisement
Dalam realisasi syariat sebagai tataran hukum , Islam bertujuan memberikan pembinaan dan menjaga serta memenuhi hajat hidup manusia dari berbagai dimensinya dan menjauhkan manusia dari keinginan manusia yang didominasi oleh hawa nafsu. Tujuan dari syariat Islam yang tertuang dalam Maqosid al tasyri memberikan jaminan kepada manusia untuk mendapatkan pemeliharaan dalam agama, kehidupan, akal, nasab dan harta benda serta kehormatannya. Dalam hal ini Islam memberikan keamanan dan kenyamanan dalam kehidupan.

Islam yang sempurna ( takamul) merupakan syariat yang universal ( syumuliah) yang mencakup seluruh dimensi kehidupan manusia. Di sinilah peranan pendidikan Islam harus mampu untuk menerjemahkannya dalam nilai-nilai kehidupan.

Lapangan pembahasan Islam yang mencakup ruang lintas waktu (dunia akhirat, masa lalu, sekarang dan masa depan), lintas kepentingan (individual dan sosial), lintas nilai (baik dan buruk)dan permasalahan lain yang komplek harus dapat diberikan jawaban yang adil melalui pendidikan Islam. Sehingga pendidikan Islam menjadi solusi problematika keumatan, bukan malah menjadi problematika tersendiri dalam kehidupan umat.

2 thoughts on “Pendidikan Islam Sebagai Solusi Keumatan

  1. Sejak kecil memang sebenernya anak anak kita perlu adanya pembelajaran tentang agama islam. Lantas bagaimana cara menerapkan jika anak yang kita didik sudah terlanjur menjadi anak yang (Maaf) sudah kebablasan? Mohon inforasi nya min

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.