Mengapa Al-Qur’an Diturunkan Dalam Bahasa Arab

998544_580305922021566_705315338_nTidak jarang kita sebagai orang Islam yang tidak menggunakan bahasa Arab sebagai bahasa ibu kita mempertanyakan hal ini.

Bagi kita yang tidak menggunakan bahasa Arab sebagai bahasa pengampu, tentu saja hal ini aneh mengingat tidak semua orang mampu berbahasa Arab, dan mungkin bahkan beberapa dari kita malah menjadi tidak yakin bahwa Allah SWT-lah yang menurunkan al-Qur’an karena lafaznya menggunakan bahasa Arab. Karena itulah, pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengapa bahasa Arab yang dipilih sebagai bahasa untuk al-Qur’an.

Ternyata Inilah Beberapa Alasan Mengapa Al-Qur’an Diturunkan Dalam Bahasa Arab

Alasan mengapa al-qur’an berbahasa Arab harus diteliti kepada bangsa Arab itu sendiri. Tidak bisa dipungkiri lagi bahwa dalam berkomunikasi, bahasa adalah sebuah hal yang amat penting, dan begitu juga ketika seorang nabi harus memberi petunjuk pada manusia tempat dimana dia diutus. Dan kebetulan, Nabi Muhammad SAW diutus oleh Allah SWT untuk memberi pencerahan dan ilmu kepada masyarakat Arab. Karena hal tersebut, jelaslah bahwa Nabi Muhammad SAW wajib mengetahui atau bisa berbahasa Arab agar bisa menyampaikan wahyu secara lebih jelas dan lebih mudah dimengerti oleh umatnya.

Advertisement

Tapi apakah karena Nabi Muhammad SAW berbahasa Arab makanya al-qur’an harus berbahasa Arab? Ternyata ada alasan dibalik penggunaan bahasa Arab dalam al-Qur’an, yaitu karena bangsa Arab sendiri ternyata merupakan bangsa yang amat fanatik pada kebudayaan mereka sendiri. Jika kita melihat dari garis sejarah, maka ternyata bisa ditemukan bahwa tidak pernah ada pemerintahan atau faktor eksternal lainnya yang bisa membuat mereka mengganti bahasa yang mereka gunakan. Belum lagi dalam bahasa Arab amat mudah menjelaskan sesuatu tanpa harus ada ambiguitas di dalamnya, dan itulah alasan mengapa al-Qur’an turun dalam bahasa Arab.

Tapi Umat Muslim di Akhir Jaman Tidak Semuanya Orang Arab, Lalu Kenapa Bahasa Arab yang Dipilih Untuk Menjadi Bahasa yang Tertulis di Qur’an?

Ada beberapa alasan lain mengapa bahasa Arab yang dipilih sebagai bahasa untuk al-Qur’an meskipun umat-umat Islam di akhir jaman ini bukanlah orang yang menggunakan bahasa Arab sebagai bahasa utama mereka, yaitu:

  1. Bahasa Arab merupakan salah satu bahasa yang paling tua dan abadi
    Bahasa Arab dinilai merupakan sebuah bahasa yang unik, karena jika kita bandingkan dengan bahasa Inggris yang sudah mengalami banyak evolusi dan deviasi, bahasa Arab dalam al-Qur’an dan bahasa Arab saat ini masih sama.
  2. Banyak kata dari bahasa Arab yang diserap bahasa lain
    Alasan mengapa al-Qur’an diturunkan dalam bahasa Arab berikutnya adalah banyak kata-kata dari bahasa Arab yang diserap oleh bahasa lain.
  3. Banyaknya jumlah kosa kata dalam bahasa Arab
    Bahasa Arab merupakan sebuah bahasa yang cukup unik terutama pada masalah perbendaharaan kata. Untuk menyebut unta saja bisa ada 80 kata, sementara untuk anjing ada sekitar 200 kata.
  4. Kemampuan bahasa Arab untuk mengandung banyak informasi
    Lewat bahasa Arab, kita bisa membuat sebuah informasi dengan makna yang panjang hanya lewat dua atau tiga kata.
  5. Fungsinya sebagai induk dari bahasa-bahasa lain di dunia
    Para peneliti bahasa Arab berpendapat bahwa bahasa pertama yang digunakan oleh nabi Adam adalah bahasa Arab, sehingga tidak heran jika bahasa Arab menjadi “ibu” dari bahasa-bahasa lainnya.

Lewat penjelasan tadi, sudah jelas nampaknya alasan mengapa al-Qur’an diturunkan dalam bahasa Arab.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *