TERMASUK YANG MANAKAH KITA

Imam Ahmad dengan sanad yang Shahih, dari Abu Kabsyah Al-Anmari radhiallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda :*
إنما الدنيا لأربعة نفر : عبد رزقه الله مالا وعلما فهو يتقي فيه ربه ويصل رحمه ، ويعلم لله فيه حقه ، قال : فهذا بأفضل المنازل ، وعبد رزقه الله علما ولم يرزقه مالا فهو يقول : لو كان لي مال عملت بعمل فلان قال : فأجرهما سواء ، وعبد رزقه الله مالا ولم يرزقه علما فهو يخبط في ماله بغير علم لا يتقي فيه ربه ، ولا يصل فيه رحمه ، ولا يعلم لله فيه حقه ، فهذا بأخبث المنازل ، وعبد لم يرزقه الله مالا ولا علما فهو يقول : لو كان لي مال لعملت بعمل فلان . قال : هي نيته فوزرهما فيه سواء .

Sesungguhnya  dunia ini hanya untuk empat (kelompak) orang (maksudnya manusia di dunia ini terbagi menjadi 4 kelompok orang pen.); 

*PERTAMA :*

Seorang hamba yg telah Allah berikan kepadanya harta dan ilmu, maka iapun menjadikan hartanya sebagai sarana untuk bertaqwa kepada Rabbnya, dengan hartanya ia menyambung tali silaturrahim,  dan ia mengetahui hak-hak Allah atas harta tersebut, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: orang ini adalah menempati kedudukan tertinggi.

*KEDUA :*

Seorang hamba yg telah Allah berikan kepadanya ilmu dan tidak diberikan kepadanya harta. Lalu ia berkata, ‘Seandainya aku memiliki harta seperti yg telah diberikan kepada orang itu (orang pertama) tentu aku akan melakukan seperti yg telah ia lakukan.’ lalau Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wa sallam bersabda:

Maka keduanya memiliki pahala yg sama. 

*KETIGA :*

Seorang hamba yg telah Allah berikan kepadanya harta dan tidak diberikan kepadanya ilmu, sehingga ia menyia-nyiakannya dan membelanjakan harta tersebut dengan tidak didasari ilmu, tidak dia gunakan sebagai sarana untuk bertaqwa kepada Rabbnya, tidak pula ia gunakan untuk menyambung tali silaturahim, tidak pula ia mengetahui hak-hak Allah yang harus di tunaikan, maka orang ini adalah menempati seburuk-buruk kedudukan. 

*DAN KEEMPAT :*

Seorang hamba yg tidak Allah berikan kepadanya harta dan tidak pula ilmu. Lalu ia berkata, ‘Seandainya aku memiliki harta seperti yg telah diberikan kepada orang itu (orang yang ketiga) tentu aku akan melakukan seperti yg telah ia lakukan.’ Rasulullah bersabda:

Dengan niatnya tersebut maka keduanya memiliki dosa yg sama.

*TERMASUK YANG MANAKAH KITA ? ….*

Ya Allah jadikan kami termasuk kelompok orang-orang yang mendapatkan kedudukan tertinggi dengan mendapatkan kebaikan akhirat dan kebaikan dunia sekaligus….amiin Allahumma amiin…

Oleh: Andri Abdul Halim Al_Khalil hafidzahullah

Umum. Bookmark the permalink.

Mas Surahman

Ketua Seksi Bidang Dakwah Pimpinan Cabang Pemuda Muhammadiyah Ponjong 2010-2014

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *