Saling Memaafkan

Saling memaafkan merupakan salah satu kegiatan merayakan Idul Fitri. Jangan Bertanya tradisi itu ada sejak kapan, karena tidak ada sumber yang jelas bisa memberi penjelasan tentang hal itu.

Terus bagaimana tentang hal tersebut?

Minta dan memberi maaf merupakan sifat seorang muslim. Saat merasa salah, maka seorang muslim harus segera minta maaf dan memperbaiki kesalahannya tsb. Sedang memberi maaf merupakan ciri seorang muttaqin.

Advertisement
Hanya kemudian menjadi masalah saat maaf memaafkan itu hanya dijadikan sebuah tradisi ato sebuah kegiatan ritualistik tahunan.

Salam Idul Fitri
Salam Idul Fitri

Rasulullah saw bersabda

“Barangsiapa yg berbuat aniaya kpd saudaranya baik berupa kehormatan badan ato harta makahendaklah minta halal nya ( maaf) hari itu juga sebelum datang suatu masa yg tiada lagi bermanfaat dinar dan dirham. Sebab jika tidak maka jika ia memiliki kebaikan akan diambil sesuai penganiayaannya dan jika tdk memiliki kebaikan maka akan diberikan kejahatan orang yg dianiaya untuk ditanggungkan kepada nya. HR. Bukhari Muslim dari Abu Hurairah.

Billahi fii sabilil haq, fastabiqul khairat

Foto Karya Mas Iklasul Amal

Avatar
Latest posts by Irwan Triyanto (see all)
Tausiyah , , . Bookmark the permalink.
Avatar

Irwan Triyanto

Aktif di organisasi Keagamaan. Pernah menjadi Ketua Pimpinan Daerah Pemuda Muhammadiyah Kab. Gunungkidul (2010-2014), Sekretaris Umum Pimpinan Wilayah Pemuda Muhammadiyah D.I Yogyakarta (2014-2018). Hobi membaca, traveling dan Olahraga. Aktif juga di Pencak Silat sebagai Pengurus Pimpinan Daerah Perguruan Beladiri Tapak Suci Kabupaten Gunungkidul. Saat ini menjabat sebagai Ketua Majelis Pendidikan Kader PDM Gunungkidul. Di masa tanggap Covid-19 ini dipercaya sebagai ketua MCCC PCM Ponjong. PNS di Lingkungan Kemenag Kab. Gunungkidul.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.